Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine

obat sakit mata kamu butuhkan karena mata mu merah ? cobadeh obati dengan Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh disni kami akan jelasakan secara rinci mengenai obat sakit mata atau red eye medication di artikel Ini :
Obat sakit mata . Di pagi hari ini kami akan memberikan beberapa obat sakit mata dan juga obat mata merah jadi dalam postingan ini kami ambil dua topik umum dan khusus . obat sakit mata secara umum nanti kami akan bahasa pengobatan secara rinci melalui penyebabnya dan juga sekalian kami beritahu obat alami sakit mata . selanjutnya kami tutu dengan obat saki mata merah sebagai topik terakhir . kami memilih mata merah sebagai topik kedua karena orang pada umumnya mengalami sakit mata merah apalagi di jaman tegnologi sekarang para admin dan tukang las lah yang paling dominan mengalami gangguan mata merah .

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh

Sakit mata secra umum adalah segala gangguan yang ada pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit dan kabur . Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri, karena saat kita mengalaminya, biasanya mata kita akan memerah, bengkak dan belekan.
obat sakit mata merah

Selama ini, sakit mata dipercaya diyakini dapat menular melalui suatu kontak, baik secara langsung mapun sebaliknya. Namun tahukah kamu, ternyata sakit mata itu ada beberapa jenis juga penyebabnya, dan tidak semua sakit mata itu menular. Sebelum membagas bagaimana cara mengobati sakit mata merah dan belekan , mari kita bahas dari satu-satu, mulai dari jenis dan penyebab sakit mata.

Jenis, Penyebab dan Gejala Sakit Mata


1. Viral Conjunctivitis
merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. Namun tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening dan encer dari mata.

2. Sakit mata karena bakteri
sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius, karena jika tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari cairan yang dikeluarkan. Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (belekan). Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yang menular.

3. Sakit mata karena Alergi
Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata.

4. Sakit mata karena iritasi
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.


Obat sakit mata berdasarkan penyebabnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, dan penyebab yang berbeda. ntuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis dan penyebabnya.

1. Viral Conjunctivitis
Untuk mengobati sakit mata ini kamu bisa gunakan obat tetes dan salep anti biontik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.Untuk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar kamu dapat saran dan petunjuk yang tepat.

2. Sakit mata karena bakteri
Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu. Mungkin kamu akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yang kamu derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi
Namun jika sakit mati yang kamu alami itu disebabkan oleh alergi, kamu bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Agar mendapat petunjuk perawatan yang tepat. Biasanya sokter akan memberikan obat untuk mencegah / mengurangi alergi.

Obat sakit mata Alami 

Berikut ini 5 obat sakit mata secara alami yang bisa anda gunkan di rumah anda , saya pribadi lebih suka menggunakan obat mata alami dari pada obat tetes mata alasanya karena obat tetes mata kadang bila sudah kada luarsa bisa merusak mata . Namun setiap orang berbeda pengalaman munkin bagi saya lebih ampuh obat sakit mata alami munkin bagi sobat obat tetes . Nah jika ingin mencoba obat mata alami silahakan baca di bawah ini :
1. Obat sakit mata menggunakan bawang putih

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine
Pertama cucilah mata anda dengan air bersih
Lalu keringkan dengan handuk bertekstur lembut, kering dan bersih
Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian kupas dan potong bagian ujungnya
Oleskan permukaan bawang putih yang dipotong tadi pada kelopak mata bagian bawah (cara menggunakannya persis seperti saat anda menggunakan eyeliner)
Diamkan beberapa saat hingga mata anda terasa perih dan menguarkan air.
Jangan langsung dicuci, bila perlu anda oleskan lagi bawang putih tersebut
Agar tidak menganggu aktivitas, sebaiknya lakukan cara ini sebelum anda tidur.

2. . Obat sakit mata menggunakan Daun Sirih

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine
Sediakan 1-3 lembar daun sirih dan cuci hingga benar-benar bersih
kemudian campurkan daun sirih tersebut dengan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih
setelah airnya mendidih, angkat dan tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin
selanjutnya anda saring air rebusan daun sirih tersebut dengan saringan teh
gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area mata yang sakit
atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes langsung



3. . Obat sakit mata menggunakan Air Hangat

Pertama, bersihkan mata anda hingga benar-benar bersih dari kotoran, debu ataupun belek
Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine
kemudian kompres mata anda dengan air hangat, ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada mata
hindari nonton televisi saat anda mengalami sakit mata
bila perlu gunakan obat tetes



4. . Obat sakit mata menggunakan getah daun patikan kebo

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine
Untuk tanaman yang satu ini, mungkin masih terdengar asing ditelinga, padahal tanaman ini banyak ditemui disekitar kita. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :
Ambil 2-3 tangkai tanaman patikan kebo
ambil getahnya 2-3 tetes
Selanjutnya teteskan getah patikan kerbau pada mata yang sakit
lakukan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes.


5. Obat sakit mata menggunakan jus kentang

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine
Kupas dan cuci bersih kentang
kemudian haluskan dengan blender atau di parut
bungkus dengan kain halus
tempelkan/kompreskan pada mata
diamkan selama 10-15 menit, setelah itu angkat dan bersihkan dengan air




Obat sakit mata merah secara Alami


Banyak penyebab dari keluhan mata merah, sehingga kita tidak boleh sembarangan menggunakan obat mata merah yang dijual bebas. Beberapa penyebab mata merah adalah debu, alergi, infeksi, penyakit mata glaukoma dan beberapa penyakit yang mendasarinya, antara lain :

Penyebab Mata Merah

1. Debu, Mata merah karena debu biasanya tidak belekan (banyak kotoran mata), jarang membengkak, merahnya semakin lama semakin pudar dan bisa mereda sendiri.
2. Alergi, biasanya disertai oleh gatal yang hebat, keluar air mata (berair), pembengkakan pada selaput mata, panas dan silau. Penyebab-penyebab alergi yang sering adalah serbuk sari musiman, bulu hewan, dan debu. Mata merah karena alergi ini seringkali musiman dan disertai oleh gejala-gejala alergi khusus lain seperti bersin, hidung yang gatal, atau tenggorokan yang gatal.
3. Infeksi, Pada mata merah infeksi, selain gatal, rasa tidak enak mengganjal seperti ada pasir, banyak mengeluarkan air mata, dan merahnya mata semakin hari semakin bertambah. Mungkin disertai pembengkakan kelopak mata, dan waktu bangun tidur mata rapat, banyak kotoran mata (belekan). Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, virus atau jamur. Penyakit mata karena infeksi ini mudah menular.

4. Penyakit glaukoma, Penyakit ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tenang (tidak memberikan keluhan kecuali sudah berat) dan yang akut (gejalanya mata merah, penglihatan buram, sakit kepala , mual hingga muntah) . Penyakit mata ini tidak menular tapi bisa diturunkan (genetis). Merupakan penyebab kebutaan kedua setelah katarak di Indonesia.
5. Penyakit-penyakit yang mendasari, Mata merah mungkin suatu tanda dari suatu penyakit yang mendasarinya di dalam tubuh. Penyakit yang paling sering mendasarinya adalah penyakit-penyakit rheumatic, seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus. Mata merah juga terlihat pada penyakit Kawasaki (suatu penyakit yang jarang yang dihubungkan dengan demam pada bayi-bayi dan anak-anak) dan penyakit-penyakit usus tertentu seperti radang borok usus besar (ulcerative colitis) dan penyakit Crohn.
Tergantung dari penyebabnya, gejala mata merah (konjungtivitis) mungkin berbeda pada setiap orang namun pada umumnya adalah:

 Gejala sakt mata Merah

  • Kemerahan atau pembengkakan pada putih mata atau di dalam kelopak mata.
  • Peningkatan jumlah air mata.
  • Keluar kotoran mata berwarna putih, kuning atau hijau.
  • Gatal dan panas.
  • Peningkatan kepekaan terhadap cahaya.
  • Terasa seperti ada pasir pada mata.
  • Pengerasan kulit dari kelopak mata atau bulu mata.
  • Pada mata merah akibat virus, kotoran mata biasanya encer dan berwarna cerah.
  • Pada mata merah akibat bakteri, kotoran mata biasanya kental dan berwarna hijau kekuningan.
  • Bentuk mata merah yang infeksius (menular) adalah sangat menular dan disebarkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Jika anda atau anak anda mempunyai mata merah yang infeksius, hindari menyentuh area mata dan sekitarnya serta cuci tangan anda sesering mungkin, terutama setelah memakai obat pada area mata. Jangan pernah berbagi handuk atau saputangan, dan buang tissue setelahnya setiap kali digunakan.

Disini kita kepembahasan pokok yaitu mengenai cara mengatasi mata merah . mata sangat sensitif sekali terhadap kotoran, salah satu gejala yg nampak adalah mata berair, merah serta gatal. Gejala itulah yg biasanya muncul ketika kita belekan.


Obat Sakit  Mata Merah

Ada 2 macam obat untuk penyakit ini, salep & tetes. Untuk penyakit infeksi mata yg berat, daya kerja salep lebih bertahan lama. Sebab, sesuai bentuknya, obat berbentuk salep lebih mudah menempel & bertahan lama pada selaput lendir mata dibandingkan dengan obat tetes. Obat tetes lekas habis masa kerjanya karena mudah mengalir keluar lagi bersama air mata. Sehingga obat tetes lebih sering dipakai daripada obat berbentuk salep, mungkin setiap 3 – 4 jam sekali. Atau bisa lebih dari itu, sesuai tingkat keparahan infeksinya.

Salep kurang disukai sebab mengganggu pandangan & memberikan rasa kurang enak di mata, selain kurang sedap dipandang. Lagi pula tidak semua pasien memakai salep mata secara benar. Mereka mengoleskan salep pada selaput lendir merah kelopak mata, bukan langsung pada biji mata, sehingga berlepotan mengenai bulu mata. Caranya mirip dengan cara mengoleskan odol pada sikat gigi. Di depan cermin, salep dioleskan pada sisi dalam kelopak mata bagian bawah dengan cara menarik kelopak mata bawah.

Belilah obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter, karena obat mata yg ada dipasaran belum bisa sampai membunuh bibit-bibit penyakitnya , tidak semua penyakit mata merah sama penyebabnya dan sama pula obatnya. Pemakaian obat mata sembarangan bisa membahayakan mata. Untuk infeksi mata yg dinilai parah, dokter mempertimbangkan pemberian obat minum, selain salep atau obat tetes mata.

Obat Sakit Mata Merah Secara Alami

Jika tadi adalah mengandalkan resep dokter bila ingin obat sakit mata merah tradisinional kami sebutkan di bawah ini . yuk kita baca bersama :

A. Obat sakit Mata Merah Alternatif Pertama:


Jika Anda ingin mengobati mata merah dengan cara alternatif berikut ini adalah caranya:
1. Jangan menyentuh mata dengan jari, karena banyak kuman yang menempel pada jari tangan, jika terjadi gatal gunakan kain lembtu untuk mengusapnya.
2. Dengan mata terpejam basuhlah kelopak mata dengan air hangat, INGAT!!! Air hangat bukan air panas jika terlalu panas justru akan menyebabkan iritasi, hal ini untuk melunakan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa belekan yang masih menempel pada kelopak mata usapkan 3 – 4 kali sehari setidaknya 5 menit.
3. Gunakan obat tetes untuk mengurangi iritasi dan rasa gatal pada mata.
4. Untuk yang agak ganjen hindari pemakaian tata rias di daerah mata sampai infeksi bisa benar-benar hilang atau sembuh.
5. Jangan dulu menggunakan kontak lens jika masih infeksi.
6. Seringlah mencuci tangan karena secara tidak sadar setiap hari kita menyentuh daerah mata sekitar +10x.
7. Jika dalam 2 – 3 hari mata semakin tidak nyaman dan sensitive terhadap cahaya, cobalah untuk istirahatkan mata anda (maksudnya tidurlah yang cukup) minimal 6 jam.


B. Obat Sakit Mata Merah Alternative Kedua


Virus penyakit ini biasanya ada di tempat-tempat yg kumuh, seperti percikan air banjir. Hindari memegang & mengucek mata jika terasa gatal. Dan hindari juga kontak langsung dengan si penderita.
Sedangkan apabila Anda ingin mengobati mata dengan alternatif lain silahkan ikuti cari berikut ini :
1. Ambil 1 lembar daun sirih, bersihkan sampai bersih serta rebus dengan ditambah sedikit garam dapur hingga mendidih.
2. Sesudah itu angkat dari perapian serta tunggu hingga dingin, lantas saring gunakan kain yang bersih.
3. Pakai air saringan tersebut untuk membersihkan mata yang sakit se-tiap hari 3 kali.


Dan Jika Anda masih belum sembuh juga, coba dengan cara obat tradisional ini.


3. Obat Tradisional Mata Merah sebagai alternative ke 3


1. Basuhlah muka anda dengan air bersih, sampai kotoran di mata dan muka anda bersih, terus lap muka anda menggunakan handuk bersih sampai kering.
2. Ambil satu siung bawang putih, di cuci bersih, ujung bawang, kita potong (jawa : puthes) sedikit. Sebaiknya jangan gunakan bawang bombay, gunakan bawang biasa.
3. Gosokkan perlahan-lahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah. Tahan rasa perih.
4. Tunggu beberapa saat maka akan timbul rasa perih, gatal bahkan geli hingga membuat kepala kita seolah-olah bergoyang mengikuti irama musik.
5. Ulangi beberapa kali.
6. Sebaiknya pengobatan ini dilakukan kalau anda mau tidur.

Itulah 3 obat sakit mata merah .seaiknya lakukan pula tips dibawah ini saat pengobatan :
  1. Lindungi mata dari debu
  2. jangan menyentuh atau mengucek mata berlebihan
  3. kurangi atau bahkan hindari penggunaan make-up
  4. Cucilah tangan dengan sabun sebelum anda menyentuh mata
  5. Jika anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskan dulu.

Demikianlah seputar obat sakit mata dan mata merah semoga artikel ini bisa membantu masalah gangguan mata yang di alami saat ini namun bila berabagai obat diatas sudah dicoba kami sarankan hubungilah dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih sempurna . Silahkan baca berabagai artikel obat sakit mata di artikel sebelum ini

Artikel Terkait